Sabtu, 15 Januari 2011

Untuk Menjadi Orang Sukses, Maka Harus Memahami Arti Kesuksesan

Sumber: www.AnneAhira.com

Banyak yang ingin menjadi orang sukses tapi tidak mengerti apa itu sukses. Jika ingin menjadi orang sukses, hal pertama yang harus Anda  direnungkan adalah apa makna kesuksesan tersebut bagi Anda. Anda harus memahami kenapa orang bisa disebut sukses. Filosofi kesuksesan ini perlu dimiliki sebagai pegangan dalam mengarungi proses-proses kesuksesan. Orang yang punya filosofi kesuksesan akan punya daya juang dan daya tahan yang lebih kuat.


Sukses di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yang sederhana tapi cukup mendalam. Kata “sukses” di dalam KBBI mempunyai definisi berhasil atau beruntung. Kesuksesan berarti keberhasilan atau keberuntungan yang telah diraih setelah melalui proses-proses perjuangan terhadap apa yang diinginkan.


Di dalam ilmu holistik, orang yang mendapat kesuksesan adalah orang yang mendapatkan kebahagiaan dan berkecukupan secara finansial. Orang dikatakan sukses apabila ia telah berhasil memadukan kekuatan intelektual secara maksimal hingga mampu meraih kebahagiaan.


Masyarakat kita memandang orang sukses adalah orang yang berharta sangat banyak. Karena itulah sejak kecil kita dididik agar kita memiliki gaji yang besar nantinya. Para orang tua pun mengarahkan agar anak-anaknya memilih jurusan yang bisa mendapatkan gaji besar.


Sejak dahulu kita mengenal lima profesi yang dikategorikan sukses. Lima profesi ini kemudian dijadikan cita-cita oleh setiap anak. Lima profesi itu adalah Dokter, Insinyur, Pilot, Arsitek, dan Bangkir.


Berbeda dengan pandangan orang-orang yang telah maju dan mengerti hakikat kesuksesan. Mereka memandang bahwa sukses bukan hanya sebatas memiliki banyak uang. Tapi orang yang sukses juga harus bahagia. Sedangkan uang bukanlah faktor terbesar dalam meraih kebahagiaan.


Karena pandangan inilah, mereka menuntun anaknya mencari profesi yang bisa membuat mereka bahagia. Jika anak sudah menemukan profesi yang membuat mereka bahagia. Otomatis mereka pun akan memaksimalkan potensi untuk menjadi yang terbaik di dalam profesi yang mereka sukai. Dengan begitu kesuksesan finansial pun akan dengan mudah mereka dapatkan.


Orang-orang manajemen dan para motivator menggambarkan orang sukses dengan simbol lima jari yang ada di tangan. Simbol-simbol jari tersebut menunjukkan apa saja yang harus dimiliki orang sukses, di antaranya:


1. Ibu Jari (Jempol)


Simbol ibu jari merupakan simbol bahwa orang sukses harus mempunyai hubungan yang baik dengan Tuhan. Hubungan yang baik dengan Tuhan harus menjadi induk dalam hidupnya.


2. Jari Telunjuk


Simbol jari telunjuk berarti orang yang sukses juga harus mempunyai prestasi yang baik. Baik itu prestasi dalam bidang pekerjaan mapun dalam bidang akademik. Sewaktu sekolah dahulu, murid yang berprestasi biasanya sering menunjukkan jari telunjukannya ke atas untuk memberikan jawaban ketika guru menanyakan suatu soal.


3. Jari Tengah


Jari tengah disimbolkan sebagai kesehatan yang baik. Rasanya percuma saja ketika orang memiliki segalanya tapi dia dalam keadaan sakit. Tentu saja orang yang sakit tidak bisa menikmati apapun.


Jari tengah juga menyimbolkan keseimbangan. Artinya untuk menjaga kesehatan, kita harus menjaga keseimbangan tubuh. Jari tengah juga menjadi jari yang paling tinggi, yang berarti kesehatan mempunyai nilai yang sangat tinggi dalam kehidupan kita.


4. Jari Manis


Jari manis menunjukkan bahwa orang sukses harus memiliki hubungan yang baik dengan keluarga. Apalah artinya kesuksesan jika keluarga kita berantakan. Mungkin karena itulah ketika nikah atau tunangan, kita melingkarkan cincin di jari manis.


5. Kelingking


Kelingking merupakan simbol bahwa orang yang sukses harus mempunyai hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. Sungguh, kesuksesan tidak akan ada artinya jika semua orang memusuhi kita.


Orang yang sukses harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, peduli kepada orang lain, dan mau berdamai jika terjadi masalah dengan orang lain. Mungkin karena itulah, ketika kita marahan, maka kita menautkan kelingking dengan kelingking orang lain sebagai tanda perdamaian.


 

1 komentar: